Read more at: http://www.kutulis.com/2012/02/tips-cara-menganti-gambar-kursor.html Copyright http://www.kutulis.com/ Under Common Share Alike Atribution irda is my name: 2010
CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 19 Desember 2010

nemuin setengah di kampus...damm

Keputusan Setengah Hati
Aroma wewangian bunga disekeliling rumah penduduk begitu segar, menambah gairah semangat belajarku pagi itu. Hembusan angin sepoi-sepoi seakan menerobos sukmaku menuju impianku. sesungging senyum dari keramahan warga desa pun adalah awal pelajaran bagi setiap makhluq Tuhan yang menjunjung tinggi nilai toleransi yang kuat. Ditambah gambaran yang begitu jelas dari raut wajah manusia paruh baya itu, seorang kakek tua yang meminggul seujung tongkat yang tiap ujungya membawa beban berupa makanan untuk dijual ke pasar, ya gambaran itu selalu menghiasi wajahku tiap pagi saat melewati kampung menuju sekolah tercintaku, tempat penghubung sejarah mahakarya dari tahun ke tahun, tempat terhebat untuk mematikan pemikiran-pemikiran yang kerdil, dan tempat untuk melumpuhkan senyawa-senyawa aneh yang akan menggerogoti kecerdasan para calon intelektual.Tap!Langkah kakiku menuju SMP harapan bangsa semakin kuat. Decak sepatuku berbunyi menambah keramaian pagi yang begitu sejuk. “assalamu’alaikum, man jadda wa jadda” sapa pak hadi semangat tiap kali menyapa muridnya di depan pintu gerbang. Budaya yang bagus. Budaya yang simpel namun kekuatanya mampu membius akal sehatku untuk tetap fokus mensugestikan diri ke masa depan. Walau pak hadi hanyalah seorang penjaga sekolah namun agaknya sekolah ini sengaja menyetting jiwa-jiwa yang alergi, dan anti kata gagal. Ya, man jadda wa jadda demikian kalimat arabnya yang jika diartikan “siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil”. Hari pertama dalam bulan februari, seperti biasa aku harus menginstal ulang niat yang baik sebelum memulai pelajaran. Kewajiban untukku bahkan bagi seluruh murid SMP Harapan Bangsa. X+25+..!matematika!pelajaran paling dibenci oleh sebagian murid kelas IX A saat itu. Ah!kesimpulan yang aneh, namun membudaya dari tahun ke tahun dalam tiap generasi. Image aneh yang begitu kental dan melekat oleh sebagian besar teman-temanku. Terkecuali Rio. Dia! ya dia juga tak hanya menarik perhatian pak Gembul begitulah julukan bagi Guru Matematika yang terkesan galak, tapi juga aku. Bahkan dia tak hanya menarik perhatianku, namun juga mampu menarik semua hal dalam diriku, kecerdasanya, ketampananya, kebaikan hatinya, bahkan senyumnya sangat kuat menarik diriku. Magnet!! semua tentang dirinya menarikku memasuki ruang hidupnya. Aneh rasanya tapi ini bukan, melainkan gejala alam yang berjalan secara natural, gelitik batinku. Sejak kemampuanya mensejajarkan rangking denganku di podium prestasi SMP harapan Bangsa, bahkan kecerdikanya yang mampu mengalihkan perhatian banyak guru terhadapnya yang jelas-jelas dari awal semua guru hanya terpusat padaku,saat itulah aku mulai ‘lumpuh’ dibuatnya. “sial!kali ini aku kalah lagi” geramku tiap kali selesai ujian ilmu alam. Pertandingan yang sehat namun sejatinya tak sehat bagi jiwaku, terlihat mendramatisir namun, ah!lagi-lagi aku tak tau harus menyebut apa perasaan ini, karena senyumnya yang menawan tiap kali menyapaku seusai pulang sekolah benar-benar membuatku mendadak mati rasa.
Pisah..!ya, aku dan dia kini terpisah karena ternyata pilihan Sekolah Menegah Akhir kami tak sama. Kenapa secara tiba-tiba?bukan!ini bukan tiba-tiba namun pikiranku yang tak bisa memutar otak lebih dari itu. Tak tahu pertanda apa. Aku benci semua ini. ***
3 tahun sudah berlalu. Bekas ingatanku di lampau masih melekat kuat. Penuh dengan kejanggalan hidup yang sampai detik ini aku masih tak tahu, antara kelogisan akal fikiran dengan perasaan seolah tak akan bertemu di titik yang aman. Perdebatan hebat itu masih mewarnai kerangka hidupku. Entah apa maunya ibu, entah apa maunya bapak. Sedangkan aku tetap berdiri dalam ideologi yang melahirkan cita-cita yang dipandang mereka tak lazim. “nak..Universitas dengan background islam sekarang tak lagi dipandang rendah. Kita dilahirkan untuk tidak memandang kelayakan manusia dari satu background saja”. Bujuk bapak dengan penuh keyakinan. Lagi-lagi aku menjawabnya dengan keyakinan setengah hati. Dalih orang tua tentang urusan akhlaq dan akhirat tak jauh beda saat aku memilih SMA atau MA. Sama sekali aku tak bisa menangkap alasan klasik mereka. Dasar pemikiran yang menurutku sempit. cukup! tak mau menambah dosa dengan terus beradu mulut dengan mereka. Sedari itu aku berusaha memaksa perasaanku untuk berdamai dengan keputusan mereka. Tak ada jawaban, hanya anggukan yang ada. Biar ini menjadi keputusan setengah hatiku untuk ketiga kalinya. Esoknya kembali dengan rencana awalku. Menata kembali perasaan risau, dan mencatat semua ini dengan keikhlasan yang matang. ***
3 bulan berlalu dengan cepat, hingga tak sadari sekarang aku mencium gedung beraroma keIslaman yang tak asing lagi. Dalam fikirku ini seperti mimpi. Untuk ketiga kalinya aku menuruti apa kata ibu dan bapak. “Oh my God..ha..ha.”tawa otakku kepada perasaan bimbangku. Bismillah begitu kalimatnya, Kalimat yang selalu terpatri kuat-kuat dalam hatiku setiap aku menemukan jiwaku dalam keraguan yang hebat. Trap!!lamunanku terhenti. Ya Allah buku yang sedari tadi berada dalam tanganku tiba-tiba terjatuh karena bertabrakan dengan seseorang. “maaf..maaf..saya jalan tidak lihat-lihat” kataku dengan penuh ketakutan. sejurus kemudian, cess..setetes salju serasa merembes dengan cepat dikepalaku. Jantungku berdetak lebih cepat dari biasanya. Mataku seakan terikat kuat dengan sosok yang ada di depanku. Spontan gerakan tanganku seperti anak kecil yang jelas itu menandakan sikap aneh dan kakiku, tak tau harus bergerak kemana. Tuhan, inikah jawabanMu tentang sebuah keilhlasan yang selama ini kuragukan. Tak sangka ternyata aku melakukan kebodohan yang fatal, perasangka burukku padaNya ternyata salah. Maafkan aku Tuhan maafkan aku ibu bapak, terlihat sangat jelas sosok itu adalah Rio. Ternyata ada rencanaMu yang dulu aku tolak mentah-mentah, tapi sekarang aku baru mengerti bahwa mengumpat rencana brilian Tuhan adalah kesalahan besar, kini aku bisa melanjutkan sepenggal kisahku dulu di tempat yang sama.

Sabtu, 09 Oktober 2010

nemu "HIV" di terminal bungurasih surabaya


Dapet HIV di terminal Bungurasih (jawa timur).
Waw Amazing..!! Kisah ini berawal dari =
Rute perjalananku dari Kudus ke Surabaya (jawa timur). Awal mula memang, aku bersama kakak ku dan temanku bersillaturrahmi ke teman yang berada di Pandaan. Nah siangnya kita sudah siap dengan tiket bus patas jurusan Surabaya, but aku baru sadar kalo ujungnya nanti kita akan finish ke terminal Bungurasih dan harus ganti bus jurusan Malang . Katanya nih terminal itu “berbeda” dari biasanya, karena tempatnya yg emang sangat luas dan mengerikan, aku jg bingung bagaimana menghadapi bahasa kasar mereka. Saat itu juga malam2 aku sengaja googling cari informasi mengenai keadaan terminal, kemudian baca2 blog, sampai tanya-tanya ke temen mengenai tempat itu. Rasa deg-deg an ini tak bisa berhenti, karena ternyata informasi yg aku dapet dari blog yg pernah ke tempat itu semuanya mengenaskan, entah dicopet lah, di bohongi kernetnya dll. Pagi sekitar jam 7.30 kita berangkat dengan keadaan jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Berdoa lebih banyak, dan tentunya aku lebih memilih untuk bersikap diam.
TAP! Bus berangkat. Semakin aku berdoa maka rasa deg-deg an itu justru bertambah kecepatanya sampai 90 km/jam, nah lho…siapa yg gak ekstra hati2 kalau tau ini pengalaman untuk yg pertama kali.
Aku memang tak tau harus berbuat apa..yang aku tau aku hanya bisa pasrah dengan keadaan ini. Titik. Aku gak bisa berbuat lebih dari ini!
So, pastinya sambil ndengerin lagu aku pun pasrah se pasrah pasrahnya, ikhlas se ikhlas ikhlas nya like Erbe Sentanu said di dalam bukunya QI (Quantum Ikhlas). Ah rasanya aku tak mungkin berharap lebih, aku hanya ingin kita selamat sampai tujuan. Ditengah perjalanan aku lihat ada seorang pemuda naik ke bis yang aku tumpangi. Perawakanya seperti mahasiswa. Dia duduk di sebelah pas kakakku, sedangkan aku cuek dengan keadaan sekitar. Sesekali aku liat pemuda itu bercakap-cakap asyik sekali dengan kakakku, dan aku lagi-lagi cuek.
Sampai di depan terminal bungurasih alhamdulillah effect dari rasa pasrahku td sedikit banyak membuatku santai. Then, aku bertanya sama kakakku “gimana nih cara ganti bus?”
“gampaaaaaaaang…ada yg mau bantu kita”
What??????
Semudah itu kah Allah menolong kita, se-Amazing ini kah hasil dari rasa pasrah ku, ah Tuhan emang Maha Bercanda…suka sekali memberi kejutan di luar dugaan kita. Sekali lagi Alhamdulillah
Eits,,,ada yg lebih gila lagi, ternyata si pemuda itu yg seharusnya g masuk, dy malah masuk nganter kita sampai ngedapetin bus jurusan malang trus bayarin peron nya kita bertiga.., yaah walaupun cm dikit….tp aku tak bisa berhenti dengan rasa takjub ku terhadapNya..
Kuasa Allah itu tak ada tandinganya. Maka hukum ini disebut valid=berlaku
Jadi, untuk pasrah pun jg ilmiah dan berlaku dari sisi kebenaranya. Pasrah itu kalo kata orang Tidak logis tp itu BENAR..!!

Selasa, 03 Agustus 2010

memoar pare jilid 2





pare pareee..
love u always deh
surganya dunia tuh menurutku
g cuma bali tapi juga PARE
pi
ei
ar
i
P.A.R.E

ada banyak pariwisata disini
silahkan menikmati semua yang ada di pare..syukuri nikmatnya
lalu liat apa yg terjadi

salah satunya...MASJID AN-Nur, gua surowono..dll

mommy...she is everything



wiiiih
bundaku satu ni luar biasa hebatnya
so busy
ngurus ini ngurus itu
but...mampu fokus terhadap semua proyek yang ia jalani
thanks mom
thanks sudah mau mengajarkan bagaimana cara ikhlas dalam berjuang
terima kasih karena sanguup menjadi contoh yang baik bai anak2nya bagi masyarakat bagi bangsa
T_T
duh...
aku ucapin deh buat seluruh bunda yang ada di dunia
yang telah merelakan waktu, tenaga, dan semua hal yang ia punya untuk dibagikan ke putra putri kesayanganya
bundaku yang satu ini walaupun punya masalah berat, ato lagi sakit
tak pernah beiau mengeluh..
bunda selalu menjadi sosok yang tak mau keliatan cengeng di depan anak2nya
perempuan yang lembut tapi tegar dan sabar disetiap langkahnya...
thanks mom sudah mau menjadi guru pribadiku

Senin, 02 Agustus 2010

saat kawan berbicara!!


Tak ada yang tak mungkin di dunia ini
dan di Dunia ini tak ada yang tak mungkin

hidup ini punya catatan!

aku layaknya dg kawan-kawan lain yang selama perjalanan hidupnya punya sahabat yang akan siap menjadi energi positif bagi masa depan yang lebih menjanjikan! bukan, tp cukup menjanjikan
kali ini! ya...dan mungkin untuk kali kali berikutnya
siap-siap buat jadi saksi sejarah hidup pupa
disini gua punya satu energi positif, berupa makhluk hidup untungnya smpai sekarang masih bernyawa, g punya sayap, tingginya mungkin sebahu ade rai, jenis spesies lumayan aneh, dy bukan produk import, asli dari indonesia deh..rambutnya agak panjang tp bukan kuntilanak, perutnya tidak buncit karena emang dy g suka makan banyak, suka garuk-garuk kepala kalo lagi bingung, but dy lah satu-satunya sobat gue yang paling meinginspirasi! simak kehebatanya
let's see our connection in messages....

Allah menguji keikhlasan dalam kesendirian.
allah memberi kedewasaan ketika masalah berdatangan
dan allah melatih ketegaran dalam kesakitan.
hidup ini indah jika Allah di hatimu.... (sender: farah. sent: 14-Mar-2010 06:49:25)

ini sms, tepat didatangkan ke khdupan gua pada saat gw "duying" merasakan "blue" yang parahnya mencapai stadium 4.(bukan dramatis tp realistis..hdup tanpa masalah.. hidup tanpa masalah-masalah BERAT hanya akan membuat hdupmu flat..tanpa ilmu, tanpa greget, tanpa daya)

kenalilah suasana hati anda dulu,
sebelum menilai buruk keadaan yang sedang Anda alami
by Mario Teguh .....(sender: farah. sent: 14-Mar-2010 19:14:47)

mario teguh??ap hubunganya??
hoho jadi ceritanya nih dy hobby nonton MTGW = Mario Teguh Golden Ways di metro TV. nah dri situ dy pun selalu merekam kalimat2 beliau trus di sent k gw..begitu seterusnya sampai ahirnya aku pun tertarik wat ikutan nonton....keliatanya sih sepele but sms-sms like this..akan terasa kegunaanya saat bentuk emosi kita berantakan

sekali lagi! ini adalah cobaan yang harus kamu lalui.
berat, perih, lelah, semuanya adalah Pemberian Allah SYUKURI ajaa.
KEMBALIKAN semua rasa itu pada yang menciptakanya (sender: farah. sent: 17-Mar-2010 16:50:57)

hmm..jika diselidiki nih...ternyata kata Syukur dan Kembalikan bisa dideteksi keilmiahanya seperti yang telah disebutkan dalam buku Quantum Ikhlas karya Erbe Sentanu..jadi menyelesaikan masalah seberat apapun jika kita mau bersyukur dan kembalikan atau bisa kita sebut Ikhlas adalah ILMIAH!!bukan sekedar kalimat motivasi saja...

para petani menaruh batu besar di atas benih pohon ara,
sehingga benih itu tersembunyi dari hembusan angin dan binatang buas.
sepintas batu besar itu akan mematikan benih pohon ara.
tapi justru batu itulah yang membuat pohon ara sanggup bertahan dan berkembang besar.
pohon ara akan tumbuh besar dan kuat
hingga ahirnya sanggup menggulingkan batu yang menindihnya.
seperti itulah jika masalah sedang menimpa manusia,
karena sebenarnya kesulitan merupakan kesempatan bagi kita
untuk menjadi semakin kua&trampil sebagai PEMENANG!! (sender:farah. sent: 18-Mar-2010 06:52:24)

kita itu ibaratnya mesin 800 cc yang melaju dijalan tol.
meski kita udah berada dijalan tol,
tapi kita tidak bisa ngebut meski jalanya udh lebar dan bebas hambatan.
sayang banget ya Allah udh ngasih banyak peluang dan kesempatan
tapi "mesin" dalam diri kita yang ketinggalan zaman. (sender:farah sent: 22-Mar-2010 10:14:34)

jadi yang harus kita lakukan adalah mengganti "mesin" dalam diri kita dengan yang lebih canggih!! (sender:farah sent: 22-Mar-2010 10:19:56)

to be continue

memoar pare





Pare Mencatat Kenangan....

tak ada yang sempurna di dunia ini. Akan tetapi kesederhanaan yang pecah dan meresap dalam suasana selama 1 bulan di pare terasa bahwa kebahagiaan itu mencapai titik kesempurnaan..
Pare! kata itu sudah secara otomatis menyentuh ingatanku mengacak-acak mencoba mencari memory-memory yang terpatri dg sgt kuat di dasar otakku.
pare itu hanya sebuah kampung kecil yang terletak di Kediri Jawa Timur, setting tempat yang sangat sederhana namun kekuatanya mampu menhipnotis semua yang pernah menjejakkan kaki disana. dan saya adalah salah satu saksinya!
semua tenggelam dan lebur jadi satu dalam kebersamaan persahabatan. tak terkecuali dengan sebongkah ilmu yang sengaja aku kais disalah satu kursusan di pare. lebih asyiknya lagi tak hanya English saja, but ada juga bahasa lain yang bisa kita kaji disana like Arabic, Jepang, dll
aku yang hobi kuliner sama sekali tak ada masalah mengenai harga..mulai rasa sampai harga semuanya "bersahabat" dikantong maupun di lidah.
ah....pare
pare....oh pare...
beraneka macam masakan yg kucicipi!
beraneka ragam "tokoh" pare yang ku kenal ada yg mahasiswa, murid SMA, lulusan strata 1, dll tp hanya ada 1 tujuan BELAJAR BAHASA !
beraneka jenis cerita yang ku ukir!
semua Lengkap bahkan sangat lengkap

pertama kali menginjakkan di pare
yah...sekali lagi yang pertama kali
benar2 serasa dipuncak khayalan...oh Tuhan andai saja kau tau tapi emang Tuhan tahu betul karakterku seperti apa, saat itu rasanya ingin lompat sepuas-puasnya..tanpa batas!loncat kegirangan seperti anak kecil dapat hadiah banyak. keliatan dramastis..ah tp ini hidup seperti inilah seharusnya kita merasakan kebahagiaan, agar kita tau bahwa sayangnya Allah terhadap hambaNya emang keterlaluan!! Lebih dari apa yang kita inginkan..

ada partikel-partikel unik di pare, dan aku akan mendeskripsikanya secara akurat dan terpercaya...!! :))

1. Gua Surowono

what!! Gua??
ternyata ada objek wisata yang unik yang sering dikunjungi mahasiswa disana....
perjalanan menuju ke Gua tak kalah menariknya! juga tak kalah capeknya :)
harus tanya2 untuk kesekian kalinya
harus mengayuh sepeda selama kurang lebih 1 jam...Gila g tuh!
sampai disana...alhamdulilllah Allah membayar keletihan kami dengan menikmati keindahan pemandangan yang asri, fresh, you know? It's Cool
Air??
Gua Air??
apa hubunganya!
oh tunggu..tunggu
ternyata didalam Gua yang lebarnya hanya muat untuk satu orang kutemukan air setinggi perut orang dewasa...(di edit g yah..oh bukan di edit but diperbaiki dikit,!!hoho..mksdnya semakin menempuh jarak selanjutnya maka air nya jg semakin tinggi) jadi kesimpulanya nih, selama berjalan di gua itu aku berbasah-basahan ria! huhehehe..ok g tuh...tp untungnya aku selalu dijamah keberuntungan...heeehe sebelumnya aku dah prepare baju ganti+bawa senter !
what!
senter?
yeaah...disana gelap banget..udh gitu udara yang ada porsinya mngkin ckup hanya untuk beberapa orang..oh my God..!! but sekali niat..NEKAD deh..!!! hoho

Jumat, 12 Maret 2010

Sabtu, 06 Februari 2010

irda punya cerita...


DUNIA YANG BEGITU LUAS

dunia ini begitu banyak hal....
begitu banyak "warna"
BUDAYA, CHARAKTER, PENGALAMAN, PENGETAHUAN, uuh dan masih banyak lagi yang mencakup tentang kehidupan


kali ini irda cerita dikit.....

ada desir aneh..!!saat melihat foto seseorang diluar negeri...ggrrrrrr merinding jadinya
desir itu sangat KUAT....seakan menandakan kalau aku ini masih sangat "kerdil"
kerdiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
iiiiiil.....sekali
kerdil akan pengetahuan...wawasan....pengalaman...uuh aku yang begini" ajjah...ngerasa rugi jika tak melakukan sesuatu yang bermanfa'at....
temen" yg lain disana dengan BANGGA membawa penghargaan, piala, dan beberapa prestasi!!
temen yang lain juga sibuk mengurus BEASISWA S2 ke luar negeri......
seseorang disana sibuk mengasah otaknya....pemikiranya selalu terUPDATE
seseorang disana sibuk menghasilkan KARYA" BESAR kemudian dikenal oleh DUNIA.....
seseorang disana sibuk tersenyum dan bahagia karena sering mengikuti berbagai perlombaan tingkat international...
seseorang disana sibuk berjabat tangan dengan warga asing karena jaringan pertemananya yang BAGUS!!
seseorang disana sibuk melayani pelanggan"nya karena SUKSES BERBISNIS...!!
seseorang disana dengan BANGGA menghasilkan karya dari hasil PENELITIAN-PENELITIANYA...karena gelar Professor yang diraihnya
dengan gelar DOKTER mereka BERHASIL menghasilkan teori" yang digunakan oleh seluruh dunia

tapi aku....??
aku yang selalu BERSYUKUR.....tp tak melakukan apa" untuk membuat sesuatu yang bisa membuat orang bangga....yang bisa membuat tanganku "menepuk dada"......
aku........????


SEMANGAT itu ada...namun belum BEREFECT bagus!!

HOW bout yOU?

HAJI adalah MIMPI dan KENYATAAN..........!!

jangan mau jika kita disebut orang fakir
jangan mau jika kita disebut orang miskin
jangan mau jikalau kita hanya mampu melihat KA'BAH dari lukisan atau gambar kalender saja


jangan mau kalau kita hanya bisa bermimpi...!!
HAJI aalah hak untuk semua umat islam
HAji bukan untuk orang kaya saja
HAji memang untuk orang "mampu"

orang yang mampu BERUSAHA....dan BERNIAT..
itulah yang disebut mampu

hanya diri kita yang "berhak" menyebut dan menggolongkan menjadi orang yang mampu

jadi, jangan mengKERDILkan pemikiran kita
dan TERJEBAK...dengan kata mampu..

love you as always Micky



i LOVE komments...;)

Ada kesalahan di dalam gadget ini